RSS

nabi adam as

11 Jan

Nabi adam as.
Sesudah langit dan bumi,malaikat dan jin atau iblis diciptakan maka allah hendak menciptakan makhluk yang akan diperintah untuk mengelola bumi.Hal itu diutarakan kepada para maliakat.
Para maliakat mengira lalai dalam menjalankan tugasnya maka mereka berkata :
“mengapa tuhan menciptakan manusia ?.bukankah mereka akan berbuat kerusakan diatas bumi.mereka akan bermusuhan dan berbunuhan,sedangkan kami para malaikat senantiasa mengagungkan nama mu? “
Untuk melenyapkan kekhawatiran para maliakt itu, Allah kemudian berfirman : ”Sesungguhnya aku mengetaahui apa yang tidak kamu ketahui”.para malaikat bungkam penegasan allah itu.Bukankah allah maha mengetahui atas segala sesuatu?
Demikianlah allah kemudian menciptakan adam dari tanah liat dan lumpur hitam.setelah terbentuk kemudian dimasukkan roh ke dalamnya.Adam pu kemudian hidup,bisa berdiri tegak.
Allah kemudian memerintahkan para malaikat untuk bersujud atau menghormati kepada adam,para malaikat pun bersujud sebagai pernyataan ormaa dan ucapan selamat atas terciptanya adam,hanya iblis yang tidak mau bersujud,ia membangkan perintah allah.
kemudain allah bertanya : “apa yang membuat engkau tidak mau bersujud kepada adam ?”
iblis pun menjawab “saya lebih baik dari adam,engkau ciptakan saya dari api sedangkan adam hanya dari segumpal tanah”.
Iblis berpendapat api lebih lebih baik dari pada tanah.padahal hanya allah yang maha tahu siapa yang lebih mulia diantara makhluk ciptaannya.
Allah murka dengan jawaban iblis,” Iblis keluarlah engkau dari surga,sungguh tidak patut kau tinngal disini lagi dan terkutuklah engkau selaman – lamanya”
Kemudian iblis berkata : “ engkau kutuk dan engkau usir aku dari surga karena adam. Iblis rela tapi kabulkanlah permohonan saya untuk hidup lebih lama hingga hari kiamat nanti “
permohonan iblis dikabulkan,ia akan dibiarkan hidup sampai hari kiamat tiba.
Iblis bersumpah.”ya,tuhan karena engkau telah menghukum saya sebagai yang tersesat ;maka saya akan menghalang – halangi adam dan keturunannya dari jalan-mu yang lurus.saya akan mendatangi mereka dari muka dan nelakang dari kiri dari kanan.
Allah berfirman : “Untuk melawan segala tipu daya dan akan busuk mu,aku beri manusia senjata yang ampuh.dengan akan itu aku bimbing mereka dengan petunjuk – petunjuk (agama).aku tuntun mereka ke jalan yang benar.dengan akal itu manusia akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.siapa yang tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan,mereka yang sesat itu,akan mempertanggung jawabkan perbuatannya pada ku di hari kemudian “
mendengar firman allah iblispun semakin benci kepada adam.ia kemudian mendekati adam,kemudian diperiksanya seluruh tubuh adam,ia ingin mencari titik kelemahan adam,Akhirnya dapat ditemukannya yaitu nafsu.
Nafsu cenderung melakukan perbuatan yang buruk,bila manusia cenderung menurutkan hawa nafsunya mereka sangat mudah bagi iblis untuk menjerumuskannya.
Allah kemudian mengajarkan kepada adam nama – nama benda yang dilihatnya.dengan demikian adam mengetahui nama – nama benda yang ada dimuka bumi.itulah pengetahuan pokok yang nanti diperlukan untuk mengatur dan memelihara bumi.
Kepada para malaikat ,allah ingin membuktikan kemampuan manusia untuk mengatur dan memelihara bumi.allah berfirma kepada para malaikat ,”sebutkanlah kepada ku nama – nama benda itu”.” Maha suci engkau ya allah tidak ada yang kami ketahui selain apa yang engkau ajarkan kepada kam,hanya engkaulah yang mengetahui segala – segalanya”,kata maliakat kepada allah.
Hai adam, beritahukanlah kepada mereka nama benda – benda itu”,kemudian adam menyebut nama benda – benda yang diketahuinya,para malaliakat kagum mereka memberi hormat sehormat – hormatnya.”bukankah sudah kukatakan aku mengetahui rahasia langit dan bumi, aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui,firman allah kepada para malaikat.
Kutipan :
“Cintailah tuhan mu dan ia akan tinggal dengan mu,
Taatilah tuhan mu dan ia akan memperlihatkan rahasia kebenaran yang sejati”

sumber : kisah teladan 25 nabi & rasul
penerbit : amelia surabaya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 11, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: